~ Bad Perform ~

Adalah hanya sebuah blog biasa yang kebanyakan mengisahkan kehidupan sehari-hari si pemilik dan menyebarkan ilmu-ilmu pengetahuan yang di dapat (walau baru sedikit ilmu-ilmu yang baru di posting) :D

Foto saya
♥ Badminton & Bima Wirawan

STORY TELLING .............

Photobucket


A. Manusia di Dalam Kehidupannya
            Manusia adalah makhluk sosial, dan tidak dapat hidup sendiri. Artinya manusia tidak bisa hidup tanpa adanya bantuan dari orang lan. Coba bayangkan jika anda sebagai manusia hidup individualisme atau penyendiri.
            Mungkin dunia ini akan terasa membosankan dan memuakkan, terjadi banyak kericuhan akibat dari individualisme karena mereka menganggap ini hidupnya sendiri dan tidak mau mengalah satu sama lain karena menyangkut individu. Dengan adanya individualisme bisa di bayangkan oleh para pemuda semua akan terasa sepi, tidak ada yang menggajak bermain , nongkrong , atau sekedar jalan jalan bersama kawan.
B. Pengertian Cinta Kasih dan Kasih Sayang
            Cinta adalah curahan rasa peduli dari hati yang dimiliki setiap manusia terhadap apa yang membuat diri mereka nyaman terhadap sesama manusia dan mahluk lainnya. Cinta itu timbul karena adanya ketertarikan antara satu sama lain. Sedangkan kasih adalah rasa sayang terhadap sesama. jadi cinta kasih adalah rasa kepedulian manusia terhadap sesamanya maupun mahluk lain sehingga menimbulkan rasa kasih sayang.
            Mengacu pada perspektif sekarang, yaitu dalam hubungan cinta kasih yang timbul antara dua jenis manusia yang berbeda kelamin dapat dibedakan dalam empat macam pertumbuhan cinta, yaitu :
       ·         Cinta kasih karena kebiasaan
Adalah cinta yang diperoleh berdasarkan tradisi masyarakat yang dibiasakan, seperti menikahkan anak-anak yang sebelumnya tidak saling kenal dan cinta tumbuh karena ikatan sudah ada.
       ·         Cinta kasih karena penglihatan
Manusia sebagai makhluk social mempunyai kodrat terbaik pada suatu obyek yang dipandang indah, cantik, menarik, dan lain-lain.

       ·         Cinta kasih karena kepercayaan
Adalah cinta kasih yang lahir dari kepercayaan atau keyakinan. Hubungan untuk memadu cinta kasih biasanya diperlukan waktu yang cukup lama untuk saling menyelidiki karakter, dan saling memupuk cinta kasih.
       ·         Cinta kasih karena angan-angan
Adalah cinta yang lahir dari pengaruh angan-angan atau khayal saja, cinta yang penuh fantasi.
            Manusia tanpa cinta kasih bagaikan manusia tanpa perasaan dan akan membua manusia itu berdarah dingin dan tidak perduli dengan lingkungan yang ada di sekitarnya. Manusia dan cinta kasih tidak dapat di pisahkan karena sesuatu hal yang penting dan misalnya terpisahkan maka dunia ini tidak seindah hari ini.
            Kasih sayang adalah rasa peduli terhadap apa yang disayangi. Contohnya adalah satu pasangan yang saling mencintai dan menimbulkan rasa ketergantungan antara satu sama lainya. Hal tersebut lah yang dinamakan cinta. Jadi cinta itu berawal dari kasih sayang.
C. Cinta Kasih Keluarga di Bidang Ekonomi
            Pengertian dari salah satu jenis cinta kasih yang mengandung arti kasih sayang dalam keluarga atau rumah tangga. Berbicara tentang kehidupan berumah tangga, maka cinta kasih sayang adalah kunci kebahagiaan. Kasih sayang adalah merupakan pertumbuhan dari cinta, yaitu cinta antara pria dan wanita lain diakhiri dengan dengan perkawinan atau hidup berumah tangga di dalam keluarga, maka cinta akan berlanjut menjadi sayang.
            Keluarga mempunyai fungsi ekonomi yang sangat penting bagi kehidupan keluarganya itu sendiri, karena merupakan pendukung utama bagi kebutuhan dan kelangsungan keluarga. Fungsi ekonomi keluarga meliputi pencarian nafkah, perencanaan serta penggunaannya. Pelaksanaan fungsi ekonomi keluarga oleh dan untuk semua anggota keluarga mempunyai kemungkinan menambah saling pengertian, solidaritas, dan tanggung jawab bersama dalam keluarga itu. Pemenuhan fungsi ekonomi keluarga ini mesti dilakukan secara wajar, artinya tidak kekurangan dan tidak pula berlebihan, karena jika kekurangan atau berlebihan dapat membawa pengaruh negatif bagi anggota keluarga itu sendiri.
            Fungsi selanjutnya ialah yaitu orang tua menyediakan anggaran khusus untuk anak-anaknya berupa sandang, pangan, papan, dan untuk biaya-biaya lainnya. Hal ini diperkuat dengan teori dari seorang pakar psikologi Abraham Maslow, mengemukakan adanya lima tingkatan kebutuhan pokok manusia (Purwanto, 2006:78). Adapun lima kebutuhan pokok
tersebut adalah sebagai berikut:
1. Kebutuhan fisiologis (physiological needs).
            Kebutuhan ini merupakan kebutuhan dasar yang bersifat primer dan vital, yang menyangkut   fungsi-fungsi biologis dasar dari organisme manusia seperti kebutuhan akan pangan, sandang dan papan, kesehatan fisik, kebutuhan seks dan sebagainya.
2. Kebutuhan rasa aman dan perlindungan (safety and security needs)
            seperti terjamin keamanannya, terlindung dari bahaya dan ancaman penyakit, perang, kemiskinan, kelaparan, perlakuan tidak adil dan sebagainya.
3. Kebutuhan sosial (social needs)
            yang meliputi antara lain kebutuhan akan dicintai, diperhitungkan sebagai pribadi, diakui sebagai anggota kelompok, rasa setia kawan.
4. Kebutuhan akan penghargaan (esteem needs)
            termasuk kebutuhan dihargai karena prestasi, kemampuan, kedudukan atau status, pangkat dan sebagainya.
5. Kebutuhan akan aktualisasi diri (self actualization needs)
            antara lain kebutuhan mempertinggi potensi-potensi yang dimiliki.
           



DAFTAR PUSTAKA :
1.      Firmansyah, Arif. 2012. Hubungan manusia dan cinta kasih terhadap kehidupan manusia, [terhubung berkala] <http://ariffirmansyahh.wordpress.com/2012/03/20/hubungan-manusia/>. [ 3 November 2012].
2.      Mubarak, Farhan. 2012. Hubungan Manusia dengan Cinta Kasih, [terhubung berkala] <http://fhnbarock.blogspot.com/2012/04/hubungan-manusia-dengan-cinta-kasih.html> . [3 November 2012].
    3.      Panggabean, Hanna. Ilmu Budaya Dasar, [terhubung berkala] <http://hannajudika.tripod.com/Karya.htm>. [3 November 2012]
4.      Putra, Ryandhika Pradana. 2011. Contoh Fungsi Keluarga yang Paling Mempengaruhi Kehidupan Kita, [terhubung berkala] <http://ryandhikapunya.blogspot.com/2011/10/contoh-fungsi-keluarga-yang-paling.html>. [3 November 2012]

0 komentar:

Posting Komentar